Jasa Web Cilegon - Rank Math Tips

Best Basic – 13 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website (1/2)

Jasawebcilegon.com – Artikel 13 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website adalah artikel terjemahan langsung dari blog Rank Math. Artikel ini diterjemahkan secara manual. Tujuannya agar lebih mudah dipahami oleh pengunjung jasawebcilegon.com.

Sebagai perkenalan, apa sih Audit SEO Website itu? Audit SEO adalah proses di mana kita melakukan pemeriksaan ketat terhadap faktor-faktor tertentu yang memengaruhi kemampuan situs web kita untuk menghasilkan trafik pengunjung dan melakukan beberapa perubahan.

Dengan melakukan audit SEO secara teratur, kita dapat memastikan bahwa semua bagian di situs web kita yang memberikan pengaruh pada SEO berfungsi sebagaimana mestinya. Efek dari semua itu adalah, web kita bisa berada pada Google Halaman 1.

Nah, di artikel 13 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website, kita akan mencoba secara mandiri bagaimana melakukan semua itu dengan mudah dan gratis. Selamat mencoba!

12 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website 12 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website

1. Cek Website Kamu Hanya Memiliki Single URL

Bagi para pemula, sering dibingungkan dengan istilah http, https, dan www. Kita akan menemukan beberapa website hanya menggunakan http, atau https, atau bahkan https://www. Contoh 1 : https://www.yourwebsite.com. Contoh 2 : https://yourwebsite.com
Mana yang lebih baik dari semua itu?

Idealnya, dari beberapa pilihan alamat tersebut, hanya ada satu yang dapat diakses. Yang berarti bahwa jika seseorang mencoba mengakses website kita dari versi www, misalnya, maka secara otomatis akan mengarahkan ke halaman yang sama pada versi non-www atau sebaliknya. Ini penting karena jika situs web Anda dapat diakses di kedua versi, Google dan mesin pencari lainnya akan mengindeks kedua versi tersebut yang mengakibatkan masalah konten duplikat.

Tips : Jika Anda lebih suka memeriksa ini secara manual, coba akses situs web Anda menggunakan versi www dan non-www. Lihat apakah keduanya membawa Anda ke salah satu versi atau ke alamat yang tetap sama.

12 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website

12 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website 12 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website

2. Pastikan Website Kita Menggunakan SSL

Apa itu SSL? Jadi, SSL adalah kepanjangan dari Secure Socket Layer. Menurut Wikipedia, SSL akan melindungi website anda dari serangan orang yang tidak bertanggung jawab. SSL akan bekerja dengan membuat suatu jalur terenkripsi antara website dan web browser. Sehingga informasi yang terdapat dalam website akan aman dari pencurian orang lain. Bagaimana cara kita mengecek website sudah menggunakan SSL atau belum?

12 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website

Yang paling mudah adalah melihatnya di halaman browser. Kalau menggunakan https:// berarti sudah menggunakan SSL. Kalau tidak ada, biasanya browser memberi tahu bahwa website tersebut not secure. Kalau sudah begini, lebih baik hindari website yang not secure. Apa lagi ada transaksi payment, jangan deh!

Tips : SSL sendiri ada yang gratisan dan berbayar. Paling mudah adalah yang berbayar, harganya cukup terjangkau, tergantung dari fitur SSL yang disediakan. Harganya mulai dari Rp 100 ribuan/tahun.

12 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website

3. Cek WordPress Visibility Settings

Ini bagi kamu yang menggunakan WordPress sebagai core engine website. Kamu bisa temukan di settingan : WordPress Settings > Reading. Fitur di WordPress sendiri memang menyediakan pilihan ini. Tidak atau Ya untuk visibilty nya. Kamu mungkin lupa mematikannya setelah situs web siap untuk digunakan.

Jika kamu lupa mematikannya setelah situs kamu siap diindeks, lakukan segera untuk memberi tahu mesin pencari bahwa mereka dapat mulai mengindeks situs web kamu.

12 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website

12 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website 12 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website

Struktur Permalink adalah bagian pengaturan yang menentukan bagaimana WordPress akan membuat URL untuk postingan yang kamu buat. Ada dua hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih struktur permalink untuk situs web kamu:

Pilihan 1 : Struktur URL
Pilihan 2 : URL itu sendiri

Meskipun ada berbagai cara untuk menyusun URL, struktur URL yang paling sederhana dan paling efektif adalah yourwebsite.com/blog/post-name. Kamu bisa mengaturnya di menu Setting > Permalink.

12 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website

Kenapa struktur permalink sangat penting? Google dan mesin pencari lainnya lebih suka judul yang lebih pendek karena tidak terpotong dan secara ringkas menyampaikan tentang apa isi dari konten tersebut. URL yang lebih pendek juga disukai oleh pengguna. Dan telah dibuktikan bahwa struktur yang simple dapat mempengaruhi visitor website yang pada akhirnya lebih SEO friendly.

Baca : 3 Faktor Kenapa Website Kamu Belum Muncul di Google Halaman 1

Tips : Kesalahan umum terjadi ketika kita membuat judul konten sama dengan permalink. Padahal, permalink bisa diedit agar lebih pendek dan sesuai dengan topik dari konten yang dibicarakan. Jadi, setelah set up judul, jangan lupa edit permalink lebih pendek.

5. Pastikan Website Tidak Memiliki Masalah Terkait Cache

Secara teknis, setiap kali pengunjung mengunjungi web kamu, perangkat komputer pengunjung akan mengirim permintaan server host situs web kamu untuk mengambil konten seperti database, gambar, CSS, font, dan aset lainnya. Dan ternyata, ini semua butuh waktu.

Yang paling mudah apakah website kita memiliki masalah cache atau tidak, kamu bisa cek di Google PageSpeed atau GTMetrix. Jika website kita memiliki nilai yang cukup besar, setidaknya itu indikator bahwa website kita tidak memiliki masalah terkait cache.

Best Basic – 12 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website

Semakin tinggi angka skor Google PageSpeed, maka semakin cepat website dibuka dan artinya tidak memiliki masalah cache yang berarti. Efeknya, bounce rate website akan tinggi dan pengunjung akan cepat cepat meninggalkan website kamu.

Tips : Melakukan optimasi cache termasuk kategori yang cukup rumit. Selah sedikit saja, bisa membuat website itu lama dibuka atau bahkan user interfacenya tidak maksimal. Lebih mudah menggunakan W3 Total Cache bagi kamu yang mau coba.

6. Mengecek Server Response Time

Nah yang satu ini, rada susah memang untuk mengukur dan memilih server mana yang lebih baik. Pada umumnya, para pemilik website, selalu menyewa shared hosting dari penyedia jasa web hosting baik luar negeri ataupun dalam negeri. Harga juga beragam. Jarang sekali, start up perusahaan langsung menyewa dedicated hosting. Terlalu mahal.

Untungnya saya memiliki beberapa referensi dari penasihat hosting terkait review setiap penyedia jasa. Untuk para pengguna jasa web Cilegon, tentunya akan dipilihkan penyedia jasa yang memang memiliki rating tinggi dengan downtime rendah.

Tips : Untuk bagian ini, sebisa mungkin mencari penyedia jasa yang memang terpercaya dan memiliki downtime rendah. Jangan terpaku pada harga yang ditawarkan. Sebab ada harga ada kualitas.

Baca Artikel Selanjutnya di : Best Basic – 13 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website (2/2)