cara-membuat-whatsapp-di-wordpress

Simple Hack – 4 Cara Membuat WhatsApp di WordPress Tanpa Plugin

Jasawebcilegon.com – Tips cara membuat whatsapp di WordPress tanpa plugin sangat cocok bagi kamu yang bahkan tidak mengerti coding. 4 cara mudah yang saya berikan ini, dijamin bisa bikin tampilan website kamu lebih interaktif. Yang pada akhirnya akan mengubah pengunjung website menjadi pelanggan produk/jasa kamu secepatnya.

Kenapa saya memilih cara membuat WhatsApp tanpa plugin? Karena setiap plugin di WordPress yang saya gunakan selalu mempengaruhi skor dari Google PageSpeed yang saya gunakan. Memperlambat!.

Skor Google PageSpeed saya yang tadinya pada tampilan seluler mendapatkan angka 94, berubah menjadi angka 89 setelah saya install plugin WhatsApp chat di WordPress.

Turunya skor di Google PageSpeed sangat mempengaruhi loading dari website dibuat. Semakin tinggi, semakin cepat.
Sebelum pasang WhatsApp di website
Cara-membuat-Whatsapp-Di-Wordpress
Setelah pasang plugin WhatsaApp di website, turun jauh

Coba cek sana sini, apa penyebabnya, akhirnya ketemu. Terdapat CSS File yang memperlambat halaman website saya dimuat. Kamu bisa lihat gambar di bawah ini sebagai sumber utama penyebabnya.

Saya coba menggunakan cara untuk menunda tampilan CSS tersebut. Tapi efeknya, malah tombol WhatsApp tidak muncul. Jadi serba salah!. Coba cari dan lepas pasang plugin lainnya masih tetap sama. Akan muncul CSS atau JavaScript tambahan lainnya yang bisa memperlambat website saya.

Baca : 9 Langkah Membuat Artikel yang SEO Friendly

Akhirnya saya menemukan cara membuat WhatsApp di WordPress tanpa skill coding sama sekali!

Coba cari-cari referensi dalam bahasa Indonesia, ga ketemu-temu. Akhirnya menemukan artikel dalam bahasa Inggris. Jadi saya terjemahin dan buat simple agar lebih mudah untuk kamu di praktikan.

cara-membuat-whatsapp-di-wordpress

Membuat WhatsApp di WordPress tanpa menjadi ahli coding bisa kamu lakukan. Asalkan kamu mengikuti langkah ini dengan benar. Selain itu, kamu juga akan tetap menjada website kamu dalam performa yang cepat diakses oleh para pengunjung.

1. Uninstall Plugin Terkait WhatsApp Chat di Website Kamu

cara-membuat-whatsapp-di-wordpress

Kamu bisa masuk ke bagian back end website sebagai administrator. Langsung pilih Plugin -> Installed Plugin. Cek tipe plugin apa yang kamu gunakan ketika memasang fitur chat WhatsApp. Setelah ketemu, di Deactivate kemudian uninstall.

2. Copy Pastekan Kode di Bawah Ini

cara-membuat-whatsapp-di-wordpress

Setelah kamu ketik ulang (hohoho), maka ganti parameternya sesuai dengan panduan di bawah

whatsapp: “+6281808474200“, // WhatsApp number (Ganti dengan nomor WhatsApp kamu
telegram: “Trismediatama“, // Telegram bot username (Ganti dengan username Telegram Kamu
call_to_action: “Yuk Ngobrol!“, // Call to action (Ganti dengan Text Anchor yang kamu inginkan)

Tips : Coba WhatsApp saya untuk meminta kode yang sudah diketik. Hohoho

3. Masuk ke Login BackEnd Website Sebagai Admin

cara-membuat-whatsapp-di-wordpress

Masuk ke menu Appereance -> Theme Editor -> Header.php. Nah sampai sini harus hati-hati. Salah meletekkan kode yang sudah kamu tulis, seluruh thema kamu bisa berantakan. Kata kuncinya adalah copy pastekan kode tersebut sebelum tag </body>. Kebetulan saya memiliki kode yang agak sedikit berbeda tetapi ada keterangan tag </body> nya. Kamu bisa lihat di foto atas.

4. Cek Hasil Kamu di Halaman Depan Website

cara-membuat-whatsapp-di-wordpress

Nanti akan muncul logo seperti icon dialog. Kebetulan saya menggunakan dua aplikasi chat. Sehingga yang muncul cuma dua. Coba dites dengan memberikan link website kamu ke teman kamu. Lihat bagaimana hasilnya.

Baca : 13 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website

Terakhir, setelah semua proses itu kamu lakukan dengan benar, coba cek Google PageSpeed untuk mengecek skor website kamu lagi. Kalau saya hasilnya skor 93/100. Beda jauh dan sangat lumayan dibandingkan saya menggunakan plugin.

TIps : Buat kamu yang sedang mencoba mencari solusi bagaimana membuat WhatsApp yang melayang di website kita, usahakan jangan terlalu bergantung pada plugin. Sebab plugin yang ada, sering kali membuat website kamu berat untuk diakses. Turun 5 angka Google PageSpeed berarti performa website kamu turun sebanyak 5%.

TIps : Buat kamu yang sedang mencoba mencari solusi bagaimana membuat WhatsApp yang melayang di website kita, usahakan jangan terlalu bergantung pada plugin. Sebab plugin yang ada, sering kali membuat website kamu berat untuk diakses. Turun 5 angka Google PageSpeed berarti performa website kamu turun sebanyak 5%.


Note : Setiap website yang kami buat, selalu menggunakan WhatsApp sebagai fitur dasar. Tujuannya agar para pengguna website bisa mudah berinteraksi langsung dengan kamu.

Baca Juga : Info Corner – Blog Referensi Hidup Milenial Lebih Baik

cara membuat WhatsApp di WordPress cara membuat WhatsApp di WordPress cara membuat WhatsApp di WordPress cara membuat WhatsApp di WordPress cara membuat WhatsApp di WordPress cara membuat WhatsApp di WordPress cara membuat WhatsApp di WordPress