Best Basic – 13 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website (2/2)

Jasawebcilegon.com – Sudah praktikan di bagian pertama Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website? Sederhana dan cepat. Saya sendiri melakukan 6 langkah itu kira kira 30 menit. Selanjutnya kita masuk ke bagian ke dua dari 13 Cara Mudah Melakukan Audit Seo Website. Seperti biasa, tulisan ini dikutip dari Blog Rank Math dan diterjemahkan secara manual. Mari kita lanjutkan!

Baca : 13 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website (1/2)

7. Pastikan Website Kamu Terverifikasi di Google Search Console

Google memberikan kemudahan pada penggunanya untuk melakukan indexing di Google Search Console. Sebelum meminta untuk indexing, kamu harus memveriikasi kepemilikan website terlebih dahulu. Caranya cukup mudah. Kalau saya lebih menggunakan verifikasi via HTML. Tinggal download filenya, kemudian upload di File Manager Cpane, Klik Tombol Verifikasi. Mudah!

Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website

Keuntungan lainnya kamu melakukan verifikasi di Google Search Console adalah, kamu juga bisa melakukan pendaftaran website di mesin pencari Bing. Tinggal log in menggunakan akun gmail dimana Search Console website kamu digunakan. Tidak sampai 5 menit lagi.

Tips : Setelah mendaftkan ke Google Search Console, ada baiknya kamu juga mendaftarkan ke mesin pencarian lainnya seperti Bing. Setelah itu, kamu juga bisa melakukan update account ke Google Analytics agar bisa mengetahui trafik pengunjung website.

8. Pastikan Website Memiliki Sitemap dan Disubmit ke Search Console

Ada beberapa cara membuat Sitemap untuk disubmit di Google Search Console. Beruntungnya, fitur di RankMath sudah memiliki generate Sitemap. Jadi kita tinggal copy paste apa yang sudah di generate kemudian mendaftarkan ke Google Search Console.

Tips : Setiap konten yang sudah kamu buat, ada baiknya disubmit ke Search Console untuk meminta pengindexan. Tidak memakan waktu lama, sekitar 3 menit per url. Tergantung jaringan. Tinggal tunggu saja nanti cek di browser Google Chrome dengan cara Site : Url kamu

Salah satu syarat SEO adalah website yang dinamis. Kamu harus sering melakukan membuat konten baru ataupun update konten lama. Ketika kamu melakukan update konten lama, sering kali, link yang lama menjadi rusak. Sehingga, pengunjung yang mencoba akses ke URL konten kamu akan sajikan halaman error.

Beruntungnya, meskipun Google telah menyatakan tidak mencrawler halaman yang error, tetapi, demi kenyamanan pembaca, kamu harus segera merapihkan link update tersebut. Lalu bagaimana cara cek broken link tersebut? Kamu bisa mengeceknya di Google Search Console.

10. Optimasi Konten Website Kamu

Kalau yang satu ini, jika kamu hobi menulis, optimasi konten akan menjadi hal yang menyenangkan. Membuat tulinsa yang mengalir dengan fokus keyword tertentu menjadi tantangan sendiri. Optimasi itu bisa dilakukan dimulai dari judul, meta description, density keyword sampai jenis pemilihan kalimat.

Dengan menggunakan Rank Math, kamu akan dipandu optimasi konten dengan metode skoring. Total ada 21 aspek agar tulisan kamu termasuk kategori SEO Friendly. Foto di bawah ini adalah contoh bagaimana RankMath memudahkan kita melakukan upate konten, tetapi tetap berpatokan pada SEO.

Tips : Menulis secara mengalir hingga enak dibaca sangat perlu jam terbang yang tinggi. Jangan khawatir jika kamu mengalami kesulitan dalam menulis. Apa lagi menulis dengan gaya bahasa marketing website sambil dipandun SEO RankMath Scoring. Untuk melatih tulisan kamu, ada baiknya kamu memulai dengan artikel terjemahan dulu. Baca kemudian pahami dengan cara menulis ulang versi bahasa kamu.

Baca : 3 Faktor Kenapa Website Tidak Muncul di Google

11. Membuat Schema atau Rich Snippet

Apa sih Schema atau Rich Snippet? Ini adalah cara menampilkan isi konten website kamu berdasarkan tampilan pencarian di Google. Secara teknisnya, menggunakan Snippet adalah memasukan kode tambahan ke dalam update tulisan kamu. Sehinga memudahkan mesin menggunakan temuan dari Snippet untuk ditampilkan.

Hal ini tentunya peluang bagus. Terlebih di RankMath, fitur tersebut sudah ada. Jadi tidak usah pusing-pusing untuk melakukan coding.

Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website

12. Optimasi Image/Photo Sebelum Diupload

Dalam struktur website, image memegang peranan penting untuk penjelasan tentang tulisan. Itulah kenapa image juga masuk kedalam kategori penentuk faktor SEO. Nama image yang salah, bisa menyebabkan website kamu lama dilacak atau bahkan tidak pernah dilacak. Cara penamaannya adalah sebagai berikut :

  • image 1.jpg <- Tidak ideal
  • image optimization in rankmath.jpg <- Tidak Ideal (Hindari Spasi pada nama image)
  • imageoptimizationinrankmath.jpg <- Lebih baik, tapi masih bisa direvisi
  • image optimization in rank math.jpg <- Good
  • image_optimization_in_rank_math.jpg <-Best
  • image-optimization-in-rank-math.jpg <- Variasi Lainnya

Tips : Sebelum mengupload image ke website pastikan 4 hal ini : 1. Nama file yang tidak menggunakan spasi; 2. Diusahakan image berbentuk format jpg; 3 Install Smush/Lazy Load untuk membantu optimasi gambar; 4. Upload file tersebut untuk dikompres tanpa mengurangi kualtas. Website yang mengkompres gambar adalah compressjpeg.com.

13. Check Tampilan Website Anda dari Perangkat Mobile

Kalau ini cukup mudah, setelah kamu melakukan 11 tahapan sebelumnya, maka hasil perangkat mobile harusnya mudah dilakukan. Kamu bisa mengecek di Google Dev Tools – Mobile Friendly Test.

Jadi kesimpulan dari semua itu apa?

Melakukan audit SEO di website adalah bagian penting dari mengoptimalkan website kamu. Efeknya akan memaksimalkan jumlah web traffic yang dihasilkan dari pencarian. Cara tradisional untuk mengaudit situs web Anda mungkin berhasil, tetapi itu tidak mudah dilakukan dan dalam beberapa kasus bahkan tidak mungkin.

Dengan Rank Math SEO untuk WordPress, kamu dapat melakukan audit SEO profesional untuk situs web kamu dan memperbaiki semua masalah yang diidentifikasi dalam hitungan jam, bukan minggu. Sehingga kamu akhirnya dapat memulai pertumbuhan situs web kamu

.Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website