Kenali 3 Faktor Kenapa Website Tidak Muncul di Google?

Jasawebcilegon.com. “Kenapa Website Tidak Muncul di Google?” Apa seharusnya yang dijawab? Seringkali saya mendapatkan pertanyaan dari para pengguna jasa web design setelah selesai pembuatan website. “Pak, kenapa website nya belum muncul di Google? Terlebih halaman 1 Google”. Kalau sudah begini, ada baiknya saya membuat tulisan. Jadinya ketika ditanya dengan pertanyaan serupa dan mirip mirip, saya langsung memberikan artikel ini.

Artikel yang saya dapat dari ahrefs.com, salah satu perusahaan bisnis SEO terkemuka di luar negeri, yang para kliennya bukan sembarang. Jadi artikel ini adalah kurang lebih terjemahan dari tulisan asli mereka di sini. Sebagai awalan, Anda bisa melihat video di bawah ini.

Bagaimana? Sedikit paham? Meski bahasa Inggris, saya mencoba merangkumnya dalam sebuah tulisan. Mari kita mulai!

Berapa umur website yang berada di posisi Google halaman 1?

Sebagai permulaan, Ahref.com mengidentifikasi berapa usia halaman website yang berada di peringkat teratas saat ini. Ahref.com mengambil data 2 juta keyword secara acak dan kemudian menarik data tersebut dari setiap halaman Google untuk masing-masing kata kunci. Hasilnya? Lihat grafik di bawah.

Kenapa Website Tidak Muncul di Google

Dilihat dari grafik tersebut, secara garis besar, website yang berada di Google halaman 1 sudah memiliki umur sekitar > 900 hari atau > 3 tahun. Fakta lainnya, hanya ada sekitar 22% website yang berumur < 1 tahun sudah muncul di Google halaman 1. Nah, selanjutnya Ahref.com ingin lebih mengetahui, dari data yang < 1 tahun tersebut. Data yang coba dicek adalah data penyebaran di Google halaman 1. Apakah dia urutan ke 1 atau urutan ke 10. Cek data nya di bawah.

Kenapa Website Tidak Muncul di Google

Data menunjukkan dari website yang memiliki umur < 1 tahun, hanya > 2% muncul di Google halaman1 dan berada pada urutan ke 1. Sisanya tersebar dari posisi urutan ke 1 sampai dengan ke 10. Data sebaran lainnya, halaman website yang berada di urutan ke 10 adalah > 4%. Yang menarik adalah posisi ke 6 di halaman 1 ternyata juga memiliki prosentase yang cukup tinggi, sekitar 3.5%.

Secara perhitungan sederhana, dari 2 juta halaman website yang ditarik, hanya sekitar 5 ribu halaman website yang bisa bertengger di Google halaman 1 dan berada pada posisi ke 1.

Secara total, probability bagi website baru berada pada di Google halaman 1 kemudian berada di posisi urutan ke 1 adalah 0.26%!

Kalau sudah begitu, ada ga sih cara lain untuk meningkatkan potensi yang lebih besar agar website saya bisa muncul di Google halaman 1? Jawabannya : Ada, tetapi semua butuh waktu, tidak ada yang instant. Sebelum mengarah ke semua itu, mari kita lihat data lainnya yang masih dalam penelitian yang sama dari Ahref.com.

Berapa lama website agar ada di Google halaman 1?

Masih berfokus kepada website yang memiliki umur < 1 tahun. Secara acak, Ahref.com mengambil kembali data 2 juta website hasil dari crawler mereka setahun yang lalu. Hasilnya? Hanya 5.7% dari data tersebut muncul dengan 1 keyword. Howdy! The Lucky Page!. Website tersebut telah melakukan optimasi mesin pencari selama 61 – 182 hari.

Tunggu, tunggu, tunggu, optimasi mesin pencari? Artinya kalau sudah punya website, ga bisa selesai gitu aja dong? Lah iya, memang benar. Untuk bisa ‘mengambil hati’ Google dan dimunculin di halaman 1, perlu banyak usaha.

Masih lihat tabel di bawah untuk The Lucky Page. High Domain Rating (High DR) ternyata lebih dominan melakukan itu semua. Tidak mengejutkan, karena sesuai dengan algoritma mesin pencarian Google, mereka yang telah ‘mengambil hati Google’ memiliki kualitas backlink yang sangat bagus.

Kenapa Website Tidak Muncul di Google
Kenapa Website Tidak Muncul di Google

Dari tabel di atas, saya menyimpulkan bahwa optimasi mesin pencarian yang dilakukan baru terlihat hasilnya di rentang waktu 2 – 4 bulan. Bagi Anda yang baru memiliki website, banyak hal yang bisa dilakukan untuk melakukan optimasi mesin pencarian atau SEO. Salah satunya yang paling mudah dilakukan adalah update konten yang berkualitas dengan memberikan ruang blog di website. Saran saya, meski itu website company profile, tetap harus melakukan update konten, kemudian berbagi ke media sosial. Kecuali, jika memang tujuan awalnya hanya sekedar ada dan memudahkan calon pelanggan menemukan bisnis Anda.

Faktor pemilihan keyword juga mempengaruhi loh!

Untuk yang satu ini, seharusnya dilakukan ketika hendak membuat website pertama kali dan menentukan nama domain yang bagus. Ada data yang membuktikan bahwa keyword dan domain mempengaruhi kualitas website di mesin pencarian.

Dalam pencarian keyword, ada yang namanya Keyword Volume. Artinya seberapa sering keyword tersebut dicari oleh setiap orang. Tabel di bawah menunjukkan hanya 0.3% website yang umurnya < 1 tahun bisa muncul di Google halaman 1 dengan volume keyword yang tinggi. Sisanya terpental jauh. Kalau mengacu dari 2 juta data yang ditarik Ahref.com, dan hanya 5 ribu website yang umurnya < 1 tahun, maka untuk bersaing di High Volume Keyword, hanya tersaring 15 halaman website!. Sangat kecil!

Kenapa Website Tidak Muncul di Google
Kenapa Website Tidak Muncul di Google

Terus berapa lama agar website baru bisa bersaing dengan mereka yang sudah berada pada Google halaman1 dan lebih tua umur websitenya? Tabel satu lagi memperlihatkan sekitar 1 tahunan. Tetapi selama 1 tahun itu, bukan tanpa usaha loh! Semua diusahakan dengan metode optimasi mesin pencarian yang benar dan diakui oleh Google.

Jangan berharap website akan muncul di Google halaman 1 dengan keyword yang diinginkan, tanpa adanya usaha optimasi mesin pencarian.

Jadi apa jawaban dari pertanyaan : “Kenapa Website Tidak Muncul di Google?”

Jawabannya adalah “Apakah kita sudah melakukan optimasi mesin pencarian?”. Kalau belum ya wajar belum muncul di Google halaman 1.


Tambahan dari saya sedikit iklan :-), dua faktor penentu dari banyak faktor lainnya adalah kecepatan loading website dan indexing Google.

Di jasawebcilegon.com setiap website yang dibuat sudah pasti akan di index Google karena di daftarkan di Google Search Console. Kecepatan website juga menjadi ukuran layanan kami. Jadi silahkan pilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda di sini. Jasawebcilegon.com juga membuka sesi diskusi dengan calon pelanggan terlebih dahulu, agar website yang sudah dibuat, tidak muncul pertanyaan “Kenapa Website Tidak Muncul di Google?

“Kenapa Website Tidak Muncul di Google?” “Kenapa Website Tidak Muncul di Google?” “Kenapa Website Tidak Muncul di Google?” “Kenapa Website Tidak Muncul di Google?” “Kenapa Website Tidak Muncul di Google?” “Kenapa Website Tidak Muncul di Google?””Kenapa Website Tidak Muncul di Google?”