Membuat_Artikel_yang_SEO_Friendly_2

Best Basic – 9 Langkah Membuat Artikel yang SEO Friendly

Jasawebcilegon.com – Bagaimana membuat Membuat Artikel yang SEO Friendly? Saya membuktikan dengan membuat tulisan ini hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk menulisnya.

Seringkali saya ditanyakan oleh para pengguna jasawebcilegon.com tentang bagaimana cara SEO  yang mudah untuk websitenya. Jawaban saya selalu dikembalikan, dengan pertanyaan ke mereka. “Adakah nanti website kamu akan selalu diupdate? Meski itu hanya sebuah website company profile?”. Kebanyakan jawaban yang adalah 50-50.

Buat kamu yang akan menanyakan ke saya nanti ada baiknya baca artikel ini dulu. Kenapa? Karena saya akan memberikan tips ringan tetapi memiliki power untuk mendapatkan trafik yang tinggi dan pada akhirnya bisa membuat website kamu lebih mudah ditemukan di Google. Simak artikel Best Basic – 9 Langkah Mudah Membuat Artikel yang SEO Friendly di bawah ini.

1. Gunakan Judul Sesuai dengan Keyword

Hal yang pertama kamu lakukan adalah meneliti tentang keyword terkait artikel yang mau dibuat. Riset ini cukup mudah. Yang saya lakukan sekitar 5 menit. Saya mencari sekitar 10 kalimat keyword di Google. Tools yang saya gunakan cuma 2, Google dan SEMRUSH. Kalau kamu familiar dengan Ubersuggest juga bisa menggunakan tambahannya.

Begini caranya : Pertama ketikkan keyword yang kamu mau. Usahakan gunakan long tail keyword agar lebih spesifik. Karena tingkat difficult akan lebih kecil dibandingkan dengan keyword bersifat umum. Kamu butuh excel untuk merekap data tersebut.

Hasil dari beberapa keyword, kamu bisa lihat perbandingannya dan bisa mengambil keputusan untuk menggunakan judul yang akan sesuai dengan keyword.

2. Ubah URL Sesuai dengan Keyword

Cara nomor dua ini, saya anggap kamu sudah menerapkan cara mengubah permalink di WordPress agar lebih SEO Friendly. Kamu bisa mengedit URL seuai dengan keyword. Setelah URL dibuat, kamu bisa menambahkan sedikit kata atau angka untuk mempertegas. Misal keyword artikel ini adalah “Membuat Artikel yang SEO Friendly”. Kamu bisa lihat antara URL dan judul berbeda. Tetapi memiliki frasa yang ada kalimatnya “Membuat Artikel yang SEO Friendly.”

Membuat_Artikel_yang_SEO_Friendly_4-min

3. Gunakan Internal Link dan Eksternal Link

Ini untuk mengaitkan artikel dan website kamu terhadap Google crawler. Usahakan untuk eksternal link yang kamu pilih adalah DoFollow. Tujuannya adalah agar Google bisa merayapi sumber dari artikel kamu. Selain itu juga meningkatkan kredibilitas tulisan kamu. Usahakan bukan dari sumber yang ecek ecek. Di bawah ini adalah contoh Internal link.

Baca : 12 Cara Mudah Melakukan Audit SEO Website (2/2)

4. Gunakan Fokus Keyword pada Heading dan SubHeading

Google memberikan klasifikasi tertentu terhadap jenis text ini. Yang paling utama adalah biasanya untuk H1 adalah judul terhadap artikel. Tetapi kamu juga bisa menambahkan keyword yang sama di H2 ataupun H3. Berikut adalah contoh keyword yang menggunakan Heading dan Subheading.

Membuat Artikel yang SEO Friendly (H4)

Membuat Artikel yang SEO Friendly (H5)

5. Perhatikan Keyword Density

Jangan lupa, penggunaan keyword dalam konten juga dikenal yang namanya keyword density. Yakni seberapa sering keyword tersebut disebut dalam satu konten. Tujuannya menekankan tentang apa tulisan itu dibuat. Yang paling penting, keyword density ini harus terlihat natural. Jangan dibuat-buat.

Agar terlihat natural, kita perlu membacanya beberapa kali dalam waktu yang agak jauh. Itulah pentingnya membaca tulisan blog kembali setelah dua hari diposting agar kita bisa menilai tulisan kita kembali dan mengeditnya dengan bahasa yang lebh natural. Coba kamu hitung berapa total kalimat yang menggunakan "Membuat Artikel yang SEO Friendly"

6. Gunakan ALT TEXT pada Image

Ketika kamu mencari gambar di Google maka akan muncul deskripsi dari gambar tersebut. Kemudian untuk melihat gambar utuh, kamu akan klik gambar tersebut dan kamu akan dibawa ke artikel tersebut. Itulah gunanya ALT TEXT. Untuk memberitahu mesin pencari tentang apa gambar tersebut. Usahakan ALT TEXT pada image kamu sesuai dengan keyword. Hindari spasi karena tidak bagus untuk mesin pencari.

Membuat_Artikel_yang_SEO_Friendly_3-min

7. Gunakan Table of Content dan Angka di Artikel

Menggunakan Angka ini bersifat memperjelas terkait isi dari artikel kamu. Coba mana yang akan kamu klik jika kamu melihat hasil mesin pencarian dengan kata “Artikel yang SEO Friendly” muncul Artikel 1: Ini Dia Tips Artikel yang SEO Friendly” atau artikel 2 “4 Tips Mudah Membuat Artikel yang SEO Friendly”?

Secara psikologis kamu akan mengetik yang ada angkanya? Kenapa karena batasannya cukup jelas. Hanya butuh 4 cara kamu sudah membuat Artikel yang SEO Friendly. Sementara untuk table of content / daftar isi, untuk memperludah pembaca melihat list ada pada saja dalam artikel kamu.

8. Masukan Keterangan Keyword Kamu pada Meta Description

Ini penting, karena untuk cuplikan tuilsan kamu dalam mesin pencarian. Seperti Twitter, kau perlu memiliki sedikit skill membuat ringkasan dalam 160 kata terkait apa isi konten kamu supaya bisa di klik oleh pengunjung.

Meta ini pula yang membedakan kamu dengan artikel lainnya yang sejenis. Sedikit penjelasan dari kamu dengan cara yang menarik bisa membuat orang yang melihat tautan website kamu akan mengklik artikel tersebut.

9. Gunakan Plugin SEO di WordPress

Dalam tips kali ini, saya merekomendasikan untuk menggunakan RankMath daripada Yoast. Sebab lebih banyak fiturnya dan terukur ketika kita membuat konten dengan system skoring. Skalanya dari 0-100. Kamu bisa lihat seberapa Artikel yang SEO Friendly melalui angka yang ditampilan pada halaman block editor post kamu.

Membuat_Artikel_yang_SEO_Friendly_5-min
Membuat_Artikel_yang_SEO_Friendly_7